Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Sangat penting bagi para orang tua dalam mengikuti tahap perkembangan anak usia dini, karena di setiap tahapan tersebut si kecil akan menunjukkan sebuah kebiasaan yang baru.

Bila ayah dan bunda dapat mengarahkan dengan penuh kesabaran, kebiasaan yang bagus si kecil akan terbentuk. Bahkan juga dapat menambahkan nilai kepercayaan diri sendiri.

Maka dari itu tidak jarang para orang tua akan menemukan keahlian spesifik yang dapat dikembangkan. Selain itu para orang tua juga perlu untuk mengetahui aspek perkembangan anak usia dini.

Karena di dalam setiap aspek perkembangan anak itu tidak hanya kebutuhan fisik saja yang harus diperhatikan namun juga ada hal lain yang bersifat sosial, kejiwaan dan juga sebagainya.

Setiap aspek tersebut berpengaruh satu sama lain dalam mempersiapkan si kecil menjadi pribadi yang sehat serta baik secara jasmani ataupun jiwa.

 

Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

  • Nilai Agama Dan Moral

Setiap anak terlebih di negara indonesia akan selalu dibesarkan dengan nilai nilai agama. Si kecil sangat perlu untuk untuk dikenalkan dengan agama yang dianut, menjalankan ibadah serta berkomunitas.

Agama juga akan banyak mengajarkan sikap yang benar seperti menolong sesame, jujur, sopan, hormat dan toleransi dengan penganut agama yang berbeda.

Bila nilai ini dikembangkan niscaya akan membawa hal baik pada masyarakat secara majemuk. Orang tua dan lingkungan terdekat sebaiknya mempraktikan nilai nilai agama dan juga moral agar dapat membantu mendukung si kecil untuk mendapatkan nilai nilai yang benar.

  • Fisik Dan Motorik

Fisik motorik merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan tubuh. Motorik halus sendiri merupakan kemmapuan dalam menggunakan alat untuk ekplorasi dan ekspresi diri seperti dalam menggunakan pensil.

Selanjutnya ialah motorik kasar yang merupakan kemampuan tubuh berkoordinasi, seimbang, lincah dan juga lentur yang sesuai dengan peraturan.

Si kecil juga dapat melatih bagian ini dengan baik melalu rutin berolahraga. Sedangkan perkembangan fisik dan perilaku keselamatan yaitu memiliki berat badan, tinggi badan serta lingkar kepala yang sesuai dengan usia si kecil.

Si kecil juga perlu memiliki kemampuan hidup bersih dan sehat serta si kecil perlu untuk peduli akan keselamatan diri sendiri.

  • Kognitif

Aspek perkembangan anak usia dini selanjutnya ialah aspek kognitif yang berhubungan dengan akal serta pikiran. Pertumbuhan di masa ini sangat luas tidak hanya di sekolah namun juga dari permainan permainan yang mengajak si kecil berpikir.  Pada aspek kognitif ini si kecil akan belajar:

  • Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari dengan praktis, flesibel dan juga dapat diterima secara sosial. Si kecil juga dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman dalam suatu kondisi yang baru ia temui.
  • Si kecil juga dapat berpikir secara logis seperti mengenal perbedaan, pola, klasifikasi, sebab akibat, inisiatif dan juga perencanaan.
  • Si kecil juga dapat mengenal, menyebutkan dan menggunakan lambing lambing seperti angka dan abjad. Si kecil sendiri juga dapat menggambarkan ulang sesuatu yang pernah ia lihat.
  • Sosial Emosional

Dalam aspek sosial emosional ini tahap perkembangan yang satu ini akan sangat terkait erat dengan pengenalan diri dan orang yang berada di sekitar, seperti dibawah ini:

  • Si kecil akan mulai memperlihatkan kemampuan diri yang dimiliki si kecil. Si kecil juga akan mengenal perasaan sendiri, mengendalikan diri dan juga menyesuaikan diri dengan orang lain.
  • Si kecil akan belajar bertanggung jawab bagi dirinya dan orang lain yang ada di sekitarnya. Si kecil juga akan mulai mempelajari hak hak nya, aturan dan bertanggung jawab atas perilaku nya untuk demi kebaikan bersama.
  • Si kecil juga akan lebih senang bermain dengan teman sebaya nya, memahami perasaan, merespons, berbagi, mendengarkan, serta menghargai hak pendapat orang lain. Si kecil pun akan lebih kooperatif dan dapat berperilaku sopan.
  • Bahasa

Di aspek bahasa ini, si kecil akan memahami hal yang dimaksudkan oleh orang tua seperti perintah, aturan, cerita dan menghargai bacaan. Si kecil juga dapat berbahasa dengan baik seperti tanya jawab serta dapat menceritakan Kembali. Selain itu si kecil juga dapat lebih memahami bentuk dan bunyi huruf.

  • Seni

Aspek perkembangan anak usia dini yang terakhir ialah seni. Seni anak terlahir dari imajinatif, maka tidak heran bila seni masuk ke dalam aspek perkembangan. Si kecil jtuga dapat bereksplorasi dan mengekspresikan diri dalam hal music, drama, lukisan, kerajinan dan masih banyak lagi.

 

Next : Review Buku