Cara Mengajari Anak Berhitung

Pelajaran matematika merupakan pelajaran dasar yang membuat anak jadi pandai berhitung. Akan tetapi tidak semua anak pintar untuk menghitung. Ini dikarenakan proses belajar tiap anak berbeda-beda. Beberapa orang tua kemudian sampai rela merogoh kantong banyak hanya sekedar menghadirkan guru les matematika untuk anak.

Cara mengajari anak berhitung sebetulnya bisa dengan cara-cara yang sederhana dan mudah. Itupun jika orang tua mau lebih sedikit berusaha dan sabar pada anak.

Meskipun belajar berhitung membutuhkan kesabaran saat mengajarinya, tentu orang tua membutuhkan tips atau cara-cara alternatif yang bisa membantu dalam mengajarkan anak berhitung. Sebetulnya mengajari anak-anak lebih mudah ketimbang mengajari orang dewasa.

Itu dikarenakan anak-anak masih memiliki tingkat kepekaan dalam tanggap lebih cepat. Itulah mengapa ada istilah golden age anak adalah saat yang tepat untuk membekali anak dengan makanan sehat dan pendidikan yang tepat.

 

Cara Mengajari Anak Berhitung

Berikut ini adalah cara mengajari anak berhitung dengan sederhana dan mudah yang bisa orang tua coba:

  1. Mengajari Anak Berhitung Menggunakan Contoh Konkrit atau Pasti

Kebanyakan orang tua biasa menggunakan cara dengan menuliskan angka-angka ketimbang menunjukkan pada real object. Dengan mengajari anak berhitung menggunakan contoh konkrit akan memudahkan para orang tua dalam mengajari anak berhitung.

Orang tua bisa menunjukkan objek nyata dengan jumlah sesuai keinginan orang tua, misalnya ingin mengajari anak konsep 4 tambah 3, orang tua bisa menggunakan 7 buah kelengkeng atau 7 buah lidi, atau bisa dengan benda lainnya yang dirasa ada disekitar dan mudah didapat.

Dengan meletakkan buah atau benda lain sesuai jumlah yang akan ditambahkan pada dua sisi yang berbeda kemudian minta anak untuk mengambil lalu minta anak untuk menghitung jumlah keseluruhannya. Ini akan memudahkan anak untuk mengingat dan membuatnya lebih mudah untuk belajar berhitung.

  1. Mengenalkan Serta Menguatkan Pondasi Berhitung Anak dengan Jelas

Mengajarkan konsep dalam menghitung dengan tepat atau jelas pada anak dapat menguatkan pondasi berhitung anak. Jika orang tua menginginkan anak agar bisa terhindar dari hapalan yang hanya bertahan dalam hitungan hari tentu tak perlu repot-repot menguatkan pondasi berhitung pada anak. Karena proses berhitung tidak cukup hanya mengandalkan hapalan saja.

Menurut ahli matematika metodes menghitung dengan cara menghapal hanya akan menimbulkan masalah pada anak di masa yang akan datang. Mengenalkan konsep menghitung pada anak sejak usia dini dengan cara menghitung jari tangan saat mandi, menghitung jumlah kancing baju yang anak kenakan dan lain sebagainya merupakan metode yang paling mudah, jelas dan tepat.

Selain mudah, langkah-langkah menguatkan pondasi berhitung pada anak dengan cara yang menyenangkan akan lebih membuat anak semangat dan antusias.

  1. Menghindari Anak Belajar Berhitung dengan Metode Memaksa Hitung Cepat

Cara mengajari anak berhitung dengan cara cepat bukanlah cara yang tepat untuk mereka. Sebab hanya akan menimbulkan kurangnya pemahaman anak tentang konsep berhitung tentu hanya akan membuat orang tua lebih banyak uring-uringan terhadap anak. Maka sebaiknya menghindari anak untuk belajar menghitung cepat.

Memiliki kemampuan menghitung cepat memang sebuah pencapaian, namun bukan segalanya ya. Karena dalam proses belajar anak perlu dibimbing agar ia paham, mengerti dan terhindar dari rasa ketakutan saat belajar.

Karena pengalaman belajar anak tidak hanya pada pengalaman matematika logis saja namun juga pada pengalaman fisiknya yang ia dapatkan dari bermain.

  1. Membuat Catatan Progress Yang Berkala

Metode belajar berhitung anak dengan menggunakan benda-benda masih terus harus digunakan. Kemudian orang tua hanya perlu membuat progress berkala pada anak. Jika di awal anak diajari penambahan, maka untuk tahap selanjutnya adalah konsep pengurangan.

Dengan membuat anak memahami pengurangan bisa dengan menggunakan bahan-bahan seperti saat konsep penambahan.

Kalau penambahan bisa dengan mudah diterapkan dengan real object maka pengurangan pun juga akan sama mudahnya. Tinggal minta anak untuk mengambil beberapa buah atau benda lain sesuai yang akan diajarkan.

Kemudian minta anak untuk makan buah beberapa atau minta untuk mengambil beberapa benda jika menggunakan benda lalu minta anak untuk menghitung ulang setelah benda diambil atau dimakan.

 

Next : Review Buku