Cara Mengajarkan Public Speaking Kepada Anak

Memiliki anak yang berani tampil di depan umum memang akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para orang tua nya. Lewat kegiatan sederhana yang dapat merangsang anak agar berbicara membuat anak akan lebih dapat menggali potensi anak dan juga menjadi lebih dikenal oleh orang lain.

Kemampuan berani tampil di depan umum dan dapat mengolah kalimat menjadi baik biasakan diperlukan kebiasaan sejak dini atau sejak kecil. Peran serta orang tua dalam mengajarkan public speaking kepada anak sejak dini memang akan sangat penting.

Public speaking sendiri merupakan sebuah keterampilang yang nantinya akan menjadi sebuah kebutuhan bagi siapa pun dan apa pun jabatan atau profesi bagi seseorang. Kemampuan ini akan sangat penting karena akan menjadi terkait erat dengan kemampuan memikat perhatian serta dapat membina hubungan melalui kata kata.

Kemampuan ini tentu saja tidak dapat muncul dengan sendirinya atau karena habis setelah membaca buku ataupun karena diajarkan, melainkan harus dibiasakan secara terus menerus atau rutin sejak usia dini kepada anak.

Walaupun bukan menjadi satu-satu nya faktor penentu, kebiasaan yang sering dilakukan di dalam rumah dapat berperan penting dalam menentukan kesuksesan anak di masa depan. Lalu muncullah pertanyaan bagaimana cara mengajarkan public speaking kepada anak? Berikut akan dijelaskan di dalam artikel dibawah ini.

 

Cara Mengajarkan Public Speaking Kepada Anak

Berikut ada beberapa cara dalam mengajarkan public speaking kepada anak:

  • Memberikan Contoh Langsung Atau Melalui Sebuah Video

Memberikan contoh merupakan cara pengajaran yang paling efektif  untuk si kecil. Orang tua dapat meminta anak dalam memerhatikan penampilan orang tua nya ketika sedang berpidato atau berbicara di depan orang banyak.

Selain dengan memberikan contoh secara langsung, orang tua juga dapat memberikan contoh dari sebuah public speaking pada anak melalui sebuah video yang ada di youtube. Berikan contoh video public speaking yang ringan dan masih berhubungan dengan kehidupan anak anak.

  • Memberikan Kesempatan Secara Langsung Atau Direkam

Salah satu cara lain yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk memberikan sebuah kesempatan kepada anak dalam mencoba dan mengalahkan rasa takut anak ialah dengan mempersilahkan mereka berbicara di depan umum. Hal tersebut dapat dimulai dengan berbicara di depan teman mereka.

Bila anak masih belum berani melakukan hal ini, orang tua dapat memanfaatkan kecanggihan dari jaman modern saat ini ialah dengan menggunakan sebuah kamera. Mintalah anak untuk berbicara sendiri di depan kamera dengan merekamnya.

Setelah selesai biarkan anak melihat hasil dari pidato yang ia lakukan di depan kamera. Bila car aini dilakukan secara rutin atau terus menerus maka dapat membantu si kecil dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri dan juga meningkatkan kemampuan komunikasi anak.

  • Menunjukkan Apresiasi Dan Masukan Positif

Cara terakhir yang dapat dilakukan oleh para orang tua dalam mengajarkan public speaking kepada anak ialah dengan menunjukkan apresiasi dan masukan positif, seperti memberikan si kecil apresiasi berupa pelukan dan pujian ketika anak telah selesai berbicara di depan umum.

Orang tua juga dapat memberikan masukan positif mengenai penampilan anak agar nanti ke depannya akan menjadi lebih baik lagi.

Membiasakan anak untuk lebih berani tampil lagi di depan umum serta berbicara di depan umum dapat menjadikan nilai lebih bagi si kecil di kemudian hari. Maka dari itu sebaiknya para orang tua harus terbiasa menerapkan cara di atas untuk memluainya sejak dini.

Setelah para orang tua mengajarkan bagaimana cara public speaking kepada anak, maka langkah selanjut nya yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu prepare, practice dan perform.

Yang dimaksud dengan prepare disini yaitu anak harus memiliki sebuah persiapan mental yang baik dan juga anak harus menguasai topik yang akan dibawakan, bukan hanya sekedar menghafal materi nya saja.

Selanjutnya yaitu practice, practice yang dimaksud disini ialah mempraktikannya. Cara yang paling mudah dan ampuh ialah dengan berdiri di depan kaca sambil melakukan presentasi. Dan langkah selanjutnya atau langkah terakhir ialah perform.

Setelah semua persiapan dilakukan dengan matang dan terlatih, namun ternyata masih banyak anka yang masih takut mencoba, padahal tanpa mencoba untuk perform anak tidak akan pernah bisa menguasai public speaking. Maka dari itu orang tua tetap harus perlu menyemangati anak agar tidak mudah putus asa.

 

Next : Review Buku