Inilah Contoh Cerita Fantasi Anak yang Populer dan Banyak Disukai Mereka

Anak-anak gemar mendengarkan cerita-cerita fantasi sebagai pengantar tidur atau hanya sekedar saat mereka bosan dengan mainannya. Mendengarkan sebuah dongeng atau cerita bisa membuat anak-anak lebih bersemangat dan memiliki imajinasi tinggi.

Banyak contoh cerita fantasi anak yang berkembang di masyarakat terutama di kalangan para Ibu rumah tangga yang memiliki bocah kecil di rumah.

Bercerita memang kegiatan yang sangat menyenangkan dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk hal itu. Kebahagiaan akan hadir dengan sendirinya saat anak-anak mau mendengarkan dengan seksama cerita-cerita fantasi yang menarik dan populer.

Membuat anak menyukai dunia bacaan memang tidak mudah, perlu diterapkan sejak dini padanya agar mereka menyukai membaca dan mendengarkan cerita.

Cerita fantasi merupakan sebuah cerita fiksi yang tercipta dari imajinasi penulis cerita. Jadi cerita fantasi adalah cerita karangan yang tidak terjadi di dunia nyata. Sehingga bisa juga disebut dengan cerita dongeng yang hanya terjadi di dunia fantasi atau khayalan.

Biasanya tokoh dan kejadian yang ada di cerita fantasi dibuat secara kreatif dan imajinatif oleh penulis untuk menarik perhatian anak-anak untuk berpetualang di dunia fantasinya sendiri.

Mengapa target cerita-cerita fantasi adalah anak-anak? Hal ini dikarenakan anak-anak cocok menjadi target agar mengasah otak mereka yang masih dalam masa tumbuh kembang sehingga mampu berkembang dengan baik daya kreatif dan imajinatifnya. Sedangkan untuk orang-orang dewasa, cerita-cerita fantasi hanya untuk hiburan semata.

 

Struktur Penyusunan Cerita Fantasi Anak

Seperti pada umumnya struktur penyusunan cerita yang mengawali dengan orientasi, resolusi, konflik dan ending. Biasanya semua cerita alkan bertumpu pada keempat hal tersebut.

Karena cerita fantasi proses pembuatan atau struktur penyusunannya hampir sama seperti teks narasi dalam pembuatannya. Akan tetapi tidak semua cerita fantasi memiliki struktur penyusunan demikian. Semua kembali pada penulis yang menciptakannya. Karena ada juga yang hanya memiliki struktur konflik dan imajinatifnya saja.

Cerita fantasi memiliki sebuah tujuan bahwa mereka ingin mengajak anak-anak untuk mengeksplore daya imajinasi dengan bebas. Tak heran jika sejak dini anak sudah didongengkan banyak bacaan fiktif atau contoh cerita fantasi anak bisa meningkatkan kreatifitasnya dalam dunia seni imajinasinya.

Karena pada masa tumbuh kembang anak-anak cenderung lebih mudah untuk diberikan banyak ilmu termasuk dalam berimajinasi.

Dengan kata lain, dongeng sebelum tidur merupakan hal yang baik untuk anak-anak. Cerita dongeng yang dibacakan sebelum mereka pergi tidur selain meningkatkan daya imajinasi mereka juga dapat menambah kosa kata baru yang belum mereka ketahui.

Ini juga memicu anak-anak untuk berlatih bertanya apa yang mereka tidak ketahui. Dengan begitu nantinya mereka tidak akan malu-malu ketika dudu di bangku sekolah untuk lebih berani menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami atau ketahui.

Dampak baik membacakan cerita-cerita pendek maupun panjang, fiktif atau non fiktif, mampu membuat perkembangan otak anak lebih maju dibandingkan anak-anak lainnya. Komunikasi merupakan sarana paling penting untuk bersosialisasi.

Saat anak dibiasakan berkomunikasi tentunya akan memudahkannya untuk bergaul dengan teman-teman sebayanya. Karena membacakan cerita merupakan sebuah komunikasi terbaik yang bisa dilakukan orang tua untuk anak-anak.

 

Contoh Cerita Fantasi Anak yang Populer dan Menarik

Banyaknya cerita fantasi untuk anak-anak tentu saja tidak menyurutkan para orang tua untuk tetap menyeleksi atau memfilter cerita apa saja yang sesuai dan cocok untuk usia mereka.

Jangan membacakan cerita fantasi di luar batas usia mereka karena selain membuat anak dewasa sebelum waktunya, tidak sedikit pula cerita fantasi yang mengandung kekerasan yang kejam. Oleh karena itu, orang tua tetap harus hati-hati dalam memilihkan bacaan anak-anak terutama cerita fantasi atau fiktif.

Nah, berikut inilah contoh cerita fantasi yang menarik dan populer dikalangan anak-anak yang bisa diberikan untuk mereka dan diambil pesan moral di dalamnya:

  • Cerita Fantasi Aladin

Siapa yang tidak tahu cerita yang satu ini, cerita fantasi yang juga sudah ada dalam bentuk digitalnya ini sejak dulu menjadi favorit anak-anak. Cerita fantasi anak Aladin ini merupakan cerita yang cukup lama sekali hingga kini masih terus digaungkan.

Aladin merupakan kisah yang berada di kota Persia di mana seorang anak laki-laki hidup miskin namun memiliki hati yang mulia. Nama lelaki itu adalah Aladin.

Kemudian ketika Aladin melakukan sebuah perjalanan untuk merantau bersama pamannya yang jahat, ia kemudian dijerumuskan pada sebuah lorong hingga terperosok ke dalam.

Ternyata pamannya tersebut meminta Aladin untuk mengambil sebuah lampu dan harta sebanyak-banyaknya. Namun Aladin kebingungan kenapa harus dia yang mengambilnya.

Tanpa pikir panjang Aladin menemukan sebuah harta karun berlimpah dan sebuah lampu. Ketika ia mengambil banyak harta lalu Aladin ingat pesan ibunya yang mengatakan kita sebagai manusia tidak boleh tamak.

Kemudian Aladin hanya mengambil satu cincin berlian untuk oleh-oleh ibunya dan lampu. Namun ketika ia akan kembali menuju ke jalan keluar tiba-tiba saja pintu keluar tersebut menghilang.

Aladin yang tak mampu berbuat apa-apa pun hanya bisa pasrah dan tak sengaja mengusap lampu yang ia pegang.

Seketika Jin yang ada di dalam lampu ajaib itu keluar dan berucap pada Aladin “ku berikan kau tiga permintaan dan akan ku kabulkan, gunakanlah dengan bijak”.

Mendengar hal itu sontak Aladin permintaan pertamanya adalah agar ia di pulangkan dengan selamat, yang kedua ia gunakan untuk membantu keluarganya dan yang ketiga untuk membantu orang-orang disekitarnya.

Dalam cerita fantasi Aladin tersebut bisa kita simpulkan pesan moralnya bahwa ketamakan hanya akan membuat kita sendiri musnah dan hancur.

Namun jika kita tetap dalam kondisi yang baik untuk bisa membantu keluarga dan orang-orang sekitar maka keberkahan dan kebahagiaan akan selalu lekat dengan kita.

Pesan lain yang bisa kita sampaikan pada anak adalah ketika tertimpa suatu hal yang berat agar tidak berputus asa karena dengan kehilangan harapan maka kita juga kehilangan arah tujuan.

Namun jika kita tetap berusaha untuk mendapatkan jalan keluar maka tidak ada yang tidak mungkin yang datang sebagai jalan keluarnya.

Cerita fantasi lainnya yang juga tak kalah menarik adalah Cinderella, Dunia Cokelat, Alice in Wonderland, Elisa dan 3 Butir Jagung Emas, 7 Kurcaci, Ikan Mas, Legenda Dewi Bulan dan lain sebagainya.

Banyak sekali cerita-cerita fantasi untuk anak yang beredar, baik dalam bentuk buku bacaan maupun film kartun atau animasi.

Banyak contoh cerita fantasi anak lainnya yang memiliki pesan moral yang bagus bagi anak-anak. tinggal kita sebagai orang tua pintar-pinta untuk memilih cerita fantasi yang baik untuk mereka.

Kita akan selalu lekat dengan cerita-cerita fiktif seperti cerita rakyat, legenda dan fantasi. Sehingga secara tidak langsung kita sudah ikut andil dalam meneruskan atau menurunkan banyak cerita yang layak untuk dibagikan pada anak-anak.