Bacaan Doa Sebelum Belajar Serta Sesudah Belajar yang Lengkap dan Mudah Dihafalkan

Kegiatan belajar bagi anak-anak tentu suatu kewajiban yang harus dilakukan. Karena dengan belajar anak-anak akan memiliki bekal ilmu yang bisa dimanfaatkannya selama hidup. Bisa untuk menjadi bekal bekerja atau memiliki usaha nantinya. Dan belajar sendiri bisa menghadirkan banyak manfaat positif bagi anak.

Mengajarkan anak untuk berdoa sebelum dan sesudah belajar bisa dilatih sejak dini. Karena doa sebelum belajar dan setelah belajar memang perlu diberikan agar si kecil terbiasa mengedepankan Allah SWT diberbagai kondisi apapun, termasuk dalam belajar ini.

Seorang Psikologi dalam kognitif dan perkembangan yaitu Jerome S. Bruner pernah menyebutkan bahwa pokok dari belajar adalah suatu keadaan di mana cara mempertahankan, memilih dan mentransformasikan sebuah informasi secara aktif saat mendapatkannya.

Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Setelah Belajar Lengkap

Membaca doa sebelum belajar merupakan suatu anjuran yang disarankan dalam agama. Doa belajar diyakini supaya memudahkan dalam proses belajar serta ilmu yang akan dipelajari masuk dan memperoleh suatu keberkahan saat belajar.

Berikut ini merupakan bacaan doa sebelum belajar dan setelah belajar.

  • Bacaan doa sebelum memulai belajar:

“Rodhitubillahi robba wabilislamidina wa bi muhammadin nabiyya warosula, robbi zidnii ilma, warzuqnii fahmaa”

Artinya adalah: “Ya Allah SWT aku ridho Engkau sebagai Tuhanku, Islam agamaku dan Muhammad SAW nabiku. Ya Allah, berikanlah aku tambahan ilmu serta berikan padaku pengertian ilmu yang baik”

“Robbi zidnii ilma warzuqni fahmaa waj’alnii minash sholihiin”

Yang artinya: “Ya Allah ya Tuhanku, berikanlah padaku ilmu dan kemampuan dalam memahaminya. Serta jadikan aku termasuk pada golongan orang-orang saleh”

  • Bacaan doa sesudah selesai belajar:

“Allahumma arinaal haqqahaqqa warzuqna tibaa’a wa arinaal baathilabathilan warzuqnaj tinaabah”

Artinya adalah: “Ya Allah, tunjukkan kebenaran pada kami sehingga kami bisa mengikutinya. Dan berikanlah petunjuk pada kami kejelekan atau kebathilan sehingga kami mampu menjauhinya”

“Allahuma inni istaudiuka maa allamtanihi fardudhu ilayya inda haajati wa la tansa nihii ya robbal alamiin”

Yang artinya: “Ya Allah, sesunggunya aku menitipkan padaMu apa yang Engkau ajarkan atau berikan padaku. Maka berikanlah padaku ketika aku membutuhkannya dan jangan Engkau berikan padaku bencana lupa wahai Tuhan yang memelihara Alam”

“Rabbana fa’naa bima alamtanaldzi yanfauna wa zidna ilman walhamdulillahi ala kulihal”

Artinya: “Ya Allah, jadikan ilmu yang kami dapat adalah ilmu yang manfaat. Serta ajarkan pada kami apa-apa yang manfaat bagi kami dan tambahkanlah ilmu kami. Segala puji bagi Allah di segala keadaan”

Bacaan doa-doa belajar di atas bisa diajarkan pada anak-anak. Bacaan doa sebelum belajar dan setelah belajar di atas lengkap dan umumnya banyak diajarkan. Doa belajar tersebut juga cukup singkat sehingga anak-anak mudah untuk menghafal dan melafalkannya.

Manfaat Berdoa Sebelum dan Setelah Belajar

Doa sebelum belajar memiliki manfaat yang bagus bagi psikis dan keyakinan anak. Karena berdoa sebelum anak memulai aktifitas belajar bisa membuatnya lebih tenang. Doa sebelum belajar lebih kepada meminta pada Tuhan akan kelancaran dan keselamatan disaat menimba ilmu.

Sedangkan untuk doa setelah belajar adalah bentuk rasa syukur terhadap apa yang sudah didapatkan (ilmu) agar bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Mengajarkan anak untuk terbiasa berdoa sebelum dan setelah belajar bisa diterapkan sejak dini.

Tidak ada ruginya membiasakan anak untuk berdoa, salah satunya doa sebelum belajar dan setelah belajar. Doa bisa menguatkan anak dan mampu menanamkan keyakinan kuat akan dirinya bahwa semua akan baik-baik saja jika selalu mengingat Allah SWT.

Banyak orang tua yang melewatkan hal ini karena dianggap hal yang kurang penting. Padahal berdoa di segala situasi dan kondisi adalah kekuatan bagi setiap insan manusia. Tanpa doa tentu kehidupan manusia terasa lebih berat dan mudah goyah.

Pentingnya landasan agama kuat yang bisa ditanamkan ke anak sejak kecil bisa membuat mereka berkeyakinan kuat dalam menghadapi segala situasi. Jadi mengajarkan anak doa sebelum belajar dan setelah belajar atau kegiatan lainnya bisa memudahkan mereka dalam menjalaninya.

Jadikan doa suatu kebutuhan yang melekat pada diri kita dan juga pada anak-anak. Karena dengan berdoa tersebut anak-anak akan memiliki keyakinan yang kuat untuk menjalani aktifitas, termasuk dalam aktifitas belajar.

Dengan memberikan pengertian ke anak bahwa saat melakukan doa sebelum belajar harapannya adalah agar dimudahkan dalam kegiatan belajar atau menimba ilmu tersebut. Sehingga anak akan memperoleh ketenangan hati ketika sedang belajar.

Dan saat selesai belajar diharuskan untuk berdoa agar diharapkan mendapatkan ilmu yang berkah dan bermanfaat. Berikan juga pengertian ke anak bahwa doa sebelum belajar dan setelah belajar dapat meringankan mereka saat menyelesaikan tugas yang diberikan.

Namun jangan lupa untuk mengajarkan doa pada anak di semua kegiatan dan keadaan apa pun ketika akan memulai dan mengakhiri suatu hal. Agar doa menjadi sebuah rutinitas baik yang melekat pada diri anak sehingga menjadi kebiasaan yang positif disepanjang hidup mereka.