Doa untuk Orang Sakit Beserta Adab dan Manfaatnya

Kesehatan menjadi satu hal yang mahal harganya di jaman sekarang ini. Apalagi pada masa pandemic seperti sekarang yang menuntut tiap orang agar menjaga tubuh tetap kuat. System imun tubuh perlu dijaga agar virus Covid-19 tidak menyerang tubuh dengan mudah.

Namun kita tidak pernah tahu datangnya sakit tersebut selain Tuhan yang tahu. Doa untuk orang sakit pun akan banyak dipanjatkan saat melihat sanak saudara atau orang-orang sekitar kurang sehat raganya.

Tentu kita semua tidak menginginkan sakit, akan tetapi sakit tidak bisa dihindari begitu saja di cuaca dan kondisi seperti sekarang ini. Saling menjaga menjadi sebuah kunci bahwa setiap orang perlu sadar diri dalam menjaga Kesehatan.

Jika jatuh sakit kebanyakan orang kemudian lari pada obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Hal ini memang bisa menyembuhkan dengan segera, namun jika tiap sakit kita mengkonsumsi obat tentu ini tidak baik bagi tubuh.

Bagi umat muslim memanjatkan doa sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Berbagai macam doa bisa dipanjatkan, salah satunya juga bisa memanjatkan doa untuk orang sakit jika ada saudara kita yang sedang sakit.

Orang yang sedang sakit memang membutuhkan support dari orang-orang sekitar. Selain pergi berobat, doa-doa dari orang-orang dekat menjadi penyembuhnya. Karena usaha dan doa sudah dilakukan berjalan beriringan.

Kumpulan Doa untuk Orang Sakit

Riwayat kehidupan Rasulullah SAW yang pernah menjenguk sahabatnya saat sedang sakit dengan merapalkan doa-doa agar mendapatkan kesembuhan. Sejumlah Riwayat juga menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mendoakan sahabatnya tersebut agar sembuh dan pulih segera.

Mendoakan orang sakit merupakan tugas kita sebagai sesama umat manusia karena semua adalah saudara sehingga kita patut memberikan doa-doa baik.

Berikut ini merupakan kumpulan doa-doa yang menurut sunnah bisa dipanjatkan sebagai doa untuk orang sakit:

  1. Doa Rasulullah SAW ketika meruqyah seorang sahabat

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Doa tersebut dipanjatkan oleh Rasulullah ketika Beliau akan meruqyah seorang sahabatnya.

Doa tersebut memiliki arti: “Ya Tuhan, hilangkanlah penyakit ini. Dengan TanganMu lah kesembuhan datang. Dan tidak ada satu pun hal yang mustahil kecuali Engkau”.

  1. Doa di saat jatuh sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Doa untuk kita ucapkan sendiri saat sedang sakit juga sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa di atas memiliki arti: “Tuhanku, Tuhan seluruh umat manusia di Bumi, sembuhkanlah penyakit ini. Berikanlah kesembuhan karena hanya engkaulah Maha penyembuh segala sakit.

Tidak ada yang bisa menyembuhkan suatu penyakit kecuali Engkau yang Maha menyembuhkan segala sakit tanpa meninggalkan rasa nyeri.

  1. Doa diberikan Kesehatan

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Setiap manusia pasti menginginkan sehat dan terhindar dari rasa sakit. Karena Kesehatan adalah suatu hal yang mewah ketika dihadapkan dengan kondisi masa pandemic ini.

Doa untuk supaya diberikan Kesehatan di atas memiliki arti: “Ya Tuhan, sesungguhnya aku berlindung padaMU dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan. Dan dari berubahnya Kesehatan yang Kau berikan menjadi siksaMu yang datang dengan tiba-tiba pun dari segala murkaMu di dunia”.

  1. Doa ketika menjenguk orang yang sedang sakit

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Saat kita menjenguk saudara atau keluarga kita yang sedang sakit maka kita sedang melaksanakan sunnah yang Rasulullah SAW ajarkan. Rasulullah SAW bersabda bahwa: “ Barangsiapa menjenguk orang yang sedang jatuh sakit, maka ia senantiasa berada di khurfah atau kebun yang ada di surga hingga sekembalinya di rumah”.

Doa di atas menjadi satu bentuk rasa syukur sekaligus rasa iba terhadap sesame, sebab kita tidak akan pernah tahu kapan sakit akan datang. Meskipun kita sebagai manusia tentu menginginkan sehat.

Mendoakan sanak saudara, keluarga dan teman-teman yang ada disekitar kita ketika sakit memang menjadi peran kita. Karena kita juga pastinya menginginkan doa-doa yang baik ketika kita sendiri yang jatuh sakit. Itu sebabnya mendoakan orang sakit bisa menjadi doa baik yang akan kembali kepada kita nantinya. Meskipun bisa dalam bentuk yang berbeda-beda menerimanya.

Adab Menjenguk Orang yang Sedang Sakit

Karena semua manusia dianugerahi ilmu dan adab, maka adab menjenguk orang sakit pun juga perlu diterapkan. Karena tidak mungkin kan kita tidak memiliki adab saat berkunjung ke rumah atau tempat orang lain tak terkecuali pada adab mengunjungi orang sakit.

Sebagai manusia yang beradab maka kita perlu menunjukkannya saat berkunjung apalagi berkunjung ke orang yang sedang ditimpa musibah sakit.

Inilah adab-adab saat menjenguk orang sakit yang perlu diketahui:

  • Waktu berkunjung atau menjenguk

Mengunjungi orang sakit tentu membutuhkan ketepatan waktu. Jangan sampai larut malam saat mengunjungi orang yang sedang sakit. Waktu terbaik untuk mengunjungi orang sakit adalah di pagi hari.

Kapan pun kita mempunyai waktu untuk mengunjungi sanak saudara, keluarga atau teman yang sedang sakit sebaiknya perhatikan waktu menjenguknya. Jangan sampai malah mengganggu waktu istirahat orang yang lagi sakit.

  • Durasi menjenguk

Setelah kita menjenguk di waktu yang tepat maka ada selanjutnya adalah dengan memperhatikan durasi menjenguk. Saat menjenguk orang sakit sebaiknya seperlunya dan tidak berlama-lama agar si sakit bisa istirahat dan memulihkan kesehatannya dengan segera.

Karena pada umumnya orang yang sedang sakit membutuhkan waktu istirahat lebih banyak dibandingkan orang yang sehat. Istirahat bisa memulihkan tubuh dengan segera.

  • Posisi atau letak tempat orang yang akan menjenguk

Selain memperhatikan waktu dan lamanya menjenguk, seseorang juga harus tahu tentang letak duduknya ketika akan menjenguk orang sakit. Di riwayatkan pada hadits Imam Bukhori bahwasanya Rasulullah SAW akan memposisikan letak duduknya di sebelah kanan orang yang sedang sakit. Hal ini ternyata bisa membuay suasana lebih dekat dan akrab.

  • Menanyakan kondisi si sakit

Adab selanjutnya adalah menanyakan kondisi si sakit, hal ini untuk mengetahui dengan jelas apa sakitnya dan apa yang orang sakit rasakan. Sehingga tidak ada lagi perasaan penasaran dan tidak perlu mendengarkan omongan orang lain yang belum tentu ada kebenarannya. Itu sebabnya bertanya perihal kondis si sakit adalah adab yang baik ketika menjenguk orang sakit.

  • Tidak banyak bertanya

Saat menjenguk orang sakit sebaiknya kita tidak boleh banyak bertanya yang bisa membuat orang yang sakit jadi banyak mengeluarkan tenaga untuk mengobrol atau berbincang dengan kita. Tanyakan hal-hal yang sewajarnya dan seperlunya saja. Karena pada dasarnya tidak ada yang lebih penting dari doa untuk orang sakit itu sendiri.

  • Berikan motivasi dan hiburan untuk orang sakit

Menjenguk orang sakit kita dituntut untuk bisa menjadi penghibur dan pemberi motivasi untuk membuat si sakit semangat menjalani hidup. Memang terdengar sangat klise, namun ucapan-ucapan baik dari orang yang menjenguk bisa menyalurkan energi positif kepada yang sakit.

  • Perhatikan ucapan dan menjaga sikap

Walaupun terkadang beberapa orang terlahir cablak atau istilah lainnya asal bicara, adab ketika menjenguk orang sakit tentu harus bisa menahan ucapan buruk dan negative agar si sakit tidak semakin down. Selain itu menjaga sikap kita lebih sopan dan santun tentu harus dilakukan untuk menjaga adab menjenguk orang sakit ini.

  • Doa untuk orang sakit

Adab terakhir sebelum pamit untuk pulang dan perlu untuk dilakukan adalah dengan mendoakan orang yang sedang sakit tersebut agar segera diberikan kesembuhan. Pastikan mendoakan dengan tulus, ikhlas dan penuh harapan akan kesembuhan orang yang sedang kita jenguk tersebut agar bisa sehat kembali seperti sediakala.

Doa yang baik akan mengantar kita dan orang yang kita jenguk pada ketenangan serta kelapangan hati.

Manfaat Menjenguk Orang Sakit

Pernahkah kita menyadari manfaat yang luar biasa dengan hanya menjenguk orang yang sedang sakit? Pasti banyak yang belum tahu bahwa menjenguk orang sakit tidak hanya bisa membuat orang lain senang namun bisa membuat diri kita juga mendapatkan pengaruh positifnya lho.

Mau tahu apa saja manfaat dari menjenguk orang sakit itu sendiri? Berikut uraiannya:

  • Orang yang kita jenguk akan merasa dipedulikan dan saat itu pula kita juga akan didoakan. Sedangkan doa orang yang sedang sakit tentunya akan diijabah. Maka kita bisa mendapatkan keberuntungan jika dengan tulus menjenguk saudara, keluarga atau teman yang sedang sakit.
  • Ketika menjenguk orang sakit maka secara tidak langsung kita diingatkan bahwa sakit bisa terjadi kapan saja pada siapa saja. Sehingga membuat kita selalu bersyukur karena telah diberikan Kesehatan selama ini.
  • Menjenguk orang sakit adalah suatu keadaan yang mampu menumbuhkan rasa empati dalam diri lebih kuat. Karena kita bisa memotivasi serta memberikan dorongan energi yang positif pada si sakit. Ini membuat kita merasa banyak mendapatkan energi positif ketika menyampaikan.
  • Menjenguk orang sakit tandanya kita bisa tahu apa yang orang sakit butuhkan, apa yang bisa dilakukan dan yang terpenting adalah kita menjadi bisa meringankan beban orang lain yang sedang kesulitan.
  • Pahala menjenguk orang sakit sangat besar. Dan para malaikat pun akan senantiasa mendoakan kita. Apalagi yang sakit adalah orang tua kita sendiri, maka pahala merawat orang sakit pun juga akan bertambah dengan pahala menjenguk orang sakit. Maha Pemurah Allah dengan segala kebaikanNYA untuk umat manusia.

Menjenguk orang sakit tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang dijenguk, namun juga pada mereka yang menjenguknya. Meskipun tidak banyak orang tahu bahwa menjenguk orang sakit banyak manfaatnya bagi diri, namun dengan begitu setiap orang akan melakukannya dengan tulus ikhlas ketika menjenguk orang yang sedang sakit.

Akan tetapi jika sudah tahu pun tentu bisa menambah energi positif ketika akan menjenguk orang sakit.

Tapi jangan lupa ya doa untuk orang sakit tentu harus diberikan. Karena itulah yang paling penting ketika akan menjenguk orang sakit. Mendoakan kesembuhannya dan supaya sehat seperti sediakala menjadi pahala bagi kita yang memanjatkannya.

Dan jika ada rejeki lebih bisa membawakan buah tangan seperti makanan maupun sumbangan untuk meringankan biaya pengobatan. Begitulah adab yang bermanfaat saat menjenguk orang sakit yang perlu untuk diketahui. Karena mendoakan bisa membuat setiap manusia merasa berguna bagi sesamanya, jadi ayo perbanyak berdoa!