Mengenalkan Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua agar Mereka Tumbuh Menjadi Manusia Baik

Sejak kecil kita dirawat, dididik kedua orang tua agar menjadi manusia yang baik untuk sesama. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh penuh kebencian dan tidak mempedulikan sekitarnya, terutama kepada kedua orang tuanya sendiri.

Oleh karena itu, penting sekali mengenalkan dan membuat anak paham tentang kewajiban anak terhadap orang tua agar bisa diterapkan dengan pada anak dengan baik.

Sebelum menerapkannya pada anak, perlu diketahui bahwa mendidik anak tentu saja membutuhkan ilmu dan strategi yang matang agar anak mudah memahaminya.

Jika anak sudah paham dengan apa yang kita bicarakan tentu saja anak akan lebih mudah untuk mencerna yang diajarkan.

Kita semua tahu bahwa anak merupakan titipan dari yang Maha Kuasa pada kita untuk kita rawat dan didik dengan baik.

Mendidik dan merawat anak memang bukan perkara yang mudah untuk dijalani. Orang tua perlu melatih diri agar kuat mental, sabar dan berhati-hati.

Sebab anak itu sangat sensitif, kita tidak bisa sembarangan begitu saja menerapkan apa pun yang kita sukai. Karena anak akan mudah sekali membaca hal-hal dengan cepat.

Selain memberikan kasih sayang anak-anak perlu mengetahui kewajibannya sebagai anak kepada orang tuanya saat sudah dewasa nanti, yaitu antara lain adalah :

  • Mendoakan hal-hal baik untuk kedua orang tua
  • Bicara dengan sopan ketika berbincang dengan orang tua
  • Menaati perintah baik orang tua
  • Menghormati orang tua sebagaimana mestinya untuk dilakukan
  • Menjauhi hal-hal buruk yang membuat orang tua marah atau tidak suka
  • Tidak boleh membentak orang tua
  • Meminta doa restu dan izin ke orang tua setiap akan melakukan hal-hal yang menyangkut masa depan
  • Ketika orang tua memanggil segera datangi mereka
  • Menjaga amanat dan nama baik orang tua di manapun dan kapan pun
  • Mencukupi kebutuhan orang tua jika mereka membutuhkan bantuan
  • Memberikan nafkah ke orang tua jika sudah mampu
  • Merawat orang tua saat keadaan mereka sehat maupun sakit

Itulah beberapa hal tentang kewajiban anak terhadap orang tuanya yang perlu diterapkan. Mengajarkan bagaimana membuat anak patuh dan mentaati hal-hal baik tentu saja membutuhkan tindakan yang tepat.

Orang tua bisa belajar dari orang tua terdahulu atau bisa juga dengan membaca banyak buku periha parenting agar mendapatkan ilmu dalam hal mendidik anak-anak dengan baik.

Sebab anak-anak itu mudah untuk dibimbing ketika masih kecil. mereka seperti selembar kertas kosong yang bisa kita isi apa pun.

Namun perlu diingat bahwa mengisinya harus dengan cinta kasih agar anak juga tumbuh dengan cinta kasih nantinya.

Kita sebagai orang tua memang tidak bisa mengontrol apa yang akan ia lakukan ketika ia dewasa nanti. Namun kita dapat memberikan bekal yang kuat padanya sejak kecil agar tumbuh maksimal dengan baik.

Kita juga perlu membatasi diri bahwa kita tidak bisa menanamkan ambisi kita yang tidak terpenuhi semasa remaja dulu kepada anak.

Memaksa anak untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan kita merupakan tindakan yang tidak baik. Karena hal ini dapat membebani mereka sehingga dapat membuat anak tertekan dan bisa menimbulkan gangguan mental pada anak.

Kita cukup membuat anak nyaman terhadap kita, memberikan landasan agama yang kuat pada dirinya sejak kecil. Jika ia memiliki pendirian dan keyakinan kuat dalam dirinya, semua akan mengikutinya dengan mudah nantinya. Karena agama menjadi landasan paling dasar untuk anak agar ia tumbuh dengan baik saat dewasa nanti.

Orang tua untuk sekarang ini memang perlu untuk berpikiran terbuka agar anak bisa dengan mudah memahami kewajiban sebagai anak nantinya.

Karena dengan memberikan kebebasan dalam berekspresi kepada anak adalah tindakan yang tepat agar anak tidak merasa terkekang oleh pikiran-pikiran kolot orang tua.

Namun kembali lagi, kita tidak pernah bisa menjadi orang tua yang sempurna untuk anak, tapi setidaknya kita bisa mengajarkan dan memberikan yang terbaik untuk kebutuhan hidupnya hingga ia mampu hidup mandiri dan menentukan jalan hidupnya sendiri.

Sebagai orang tua kita hanya perlu mengantarkan mereka semampu kita agar mereka tumbuh menjadi manusia yang baik untuk dirinya dan sesamanya.

 

Next : Review Buku