Manfaat Tahu Untuk MPASI Si Kecil

Dalam mempersiapkan MPASI untuk anak yang masih berusia di bawah satu tahun, tentunya akan menjadi sebuah hal yang menantang bagi para orang tua terutama untuk bunda.

Karena akan menjadi sangat PR bagaimana seorang bunda harus dapat berkreasi dan juga memadukan bahan makanan menjadi sebuah asupan yang bergizi dan sehat untuk dikonsumsi anak dimana mereka baru akan mulai merasakan makanan selain ASI.

Banyak dari orang tua yang berfikir bahwa kandungan protein yang berasal dari hewani seperti daging, telur dan sebagainya merupakan bahan makanan terbaik.

Namun tahukah bunda bila ternyata hal tersebut dapat berasal dari tahu yang sama baiknya sebagai sumber protein dimana salah satunya yaitu tahu.

Tahu yang telah menjadi makanan rakyat Indonesia ini sejak jaman dahulu telah memiliki tekstur yang lembut sehingga akan mudah untuk dicerna.

Selain sebagai salah satu makanan pelancar asi paling ampuh , tahu yang terbuat dari kacang kedelai ini memiliki banyak kandungan gizi yang menyehatkan dan yang diperlukan juga sebagai MPASI untuk anak.

Bunda juga dapat menjadikan tahu ini sebagai alternatif MPASI anak agar dapat tumbuh sehat dan juga kuat karena tahu memiliki beberapa manfaat untuk MPASI. Berikut ini beberapa manfaat tahu untuk MPASI si kecil:

 

Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Manfaat tahu untuk MPASI si kecil yang pertama ialah karena di dalam tahu kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan si kecil.

Kandungan penting yang ada di dalam tahu yaitu protein, zat besi dan juga kalsium. Ketiga zat tersebut sangat penting untuk pertumbuhan anak.

Di dalam 100 gram tahu ini cukup untuk menyediakan 30% kebutuhan energi dan 10% kebutuhan zat besi untuk si kecil.

Banyaknya protein yang ada di dalam tahu ini dapat membantu dalam pertumbuhan anak menjadi lebih optimal.

Protein yang ada di dalam tahu ini juga tidak mengandung lemak jenuh sehingga dapat bebas dari kolesterol jahat.

Kecukupan kandungan protein pada si kecil ini akan sangat penting karena dapat membuat si kecil terhindar dari penyakit.

Hal ini dapat terjadi karena protein merupakan salah satu bahan untuk pembentukan antibodi dalam tubuh.

Asupan protein yang cukup sendiri dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Manfaat tahu untuk si kecil lainnya adalah adanya kandungan kalsium.

Kalsium ini dapat membantu memperkuat kepadatan tulang anak serta mencegah penyakit yang berhubungan langsung dengan tulang.

 

Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan protein yang ada di dalam tahu ini sama bagusnya dengan protein yang ada di bagian daging dan juga susu.

Disamping itu juga protein yang ada di dalam tahu juga bermanfaat untuk si kecil terhindar dari kolesterol jahat.

Zat protein ini juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh serta antibody sehingga tubuh si kecil menjadi tidak mudah jatuh sakit.

Zat protein sendiri sangat diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan sel dan juga jaringan sehingga pertumbuhan si kecil tidak terhambat.

 

Membantu Mencegah Konstipasi

Selain yang sudah disebutkan diatas, manfaat tahu untuk MPASI si kecil ialah dapat membantu mencegah terjadinya konstipasi.

Karena di dalam tahu ini juga memiliki kandungan serat yang baik sehingga serat ini memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan dan juga mencegah konstipasi.

 

Membantu Mencegah Anemia

Di sebuah tahu yang berukuran besar sekitar 100 mg ini terdapat 3,4 mg zat besi yang harus ada di dalam tubuh anak, karena bila kekurangan maka dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah dan defisiensi besi atau kekurangan zat besi.

Jadi manfaat tahu untuk MPASI yang lain ialah dapat membantu mencegah terjadinya anemia.

 

Memperkuat Tulang Dan Juga Gigi

Manfaat terakhir tahu untuk MPASI ialah dapat membantu memperkuat tulang dan juga gigi. Di dalam tahu ini juga mengandung kalsium, manfaat kalsium yang ada di dalam tahu sendiri sangat baik untuk pertumbuhan serta perkembangan tulang dan juga gigi.

Di setiap 100 mg tahu terdapat 223 mg kalsium sehingga akan sangat bermanfaat untuk si kecil agar dapat tumbuh sempurna dan terhindar dari penyakit yang dapat menyerang tulang dan juga gigi.

Menurut para penelitian kandungan isoflavone yang ada di dalam tahu ini dapat membantu memperkuat kepadatan tulang.

Namun ada juga anak yang tidak menyukai tahu karena mungkin rasanya yang tawar. Maka dari itu para bunda perlu untuk mengkreasikan dalam memadukan tahu dengan jenis makanan lain agar si kecil dapat memakannya.

Proses dalam mengolah tahu ini dapat dikreasikan dengan makanan lain atau makanan yang disukai oleh si kecil.

Contohnya mungkin anda dapat membuat puree tahu agar anak dapat merasakan keaslian rasa dari rasa tahu itu sendiri.

Atau dapat juga anda mencampurkannya dengan bubur yang mudah di cerna oleh anak. Bila anak sudah berusia sekitar 8 bulan maka bunda dapat mencampur tahu dengan omelet telur atau dengan makanan lainnya.

Setelah mengetahui manfaat tahu untuk MPASI ini, bunda juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal bila ingin mengolah tahu menjadi MPASI diantaranya sebagai berikut:

 

Tidak Perlu Berlebihan

Walaupun tahu merupakan bahan makanan yang mudah di dapatkan baik di pasar tradisional atau pun di pasar modern, bunda tidak perlu berlebih memberikan tahu ke dalam MPASI anak.

Cukup sekitar 100 gram tahu yang dapat menjadi sekitar 2 – 3 porsi dan mencegah anak menjadi bosan.

Bila si kecil bosan karena sudah terlalu sering mengkonsumsi makanan satu jenis dalam jangka waktu yang panjang maka dapat ditakutkan nantinya anak tidak ingin mengkonsumsi makanan tersebut. Maka dari itu perlu untuk memvariasi atau menjeda dalam pemberian tahu sebagai MPASI anak.

 

Kapan Tahu Boleh Diberikan Ke Si Kecil

Menurut para penelitian, tahu merupakan jenis makanan yang sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga akan lebih baik diberikan kepada anak ketika telah berusia 8 bulan keatas.

Di usia ini bunda dapat memberikan tahu untuk dikonsumsi oleh si kecil yang dapat dijadikan sebagai camilan atau juga dapat dicampurkan di dalam sup.

Namun bila anak memiliki alergi dengan jenis kacang-kacangan maka tahu dapat diberikan ketika anak telah berusia diatas satu tahun.

Hal ini dilakukan untuk dapat mencegah terjadinya alergi ataupun hal lainnya yang tidak diinginkan.

 

Ketahui Perbedaan, Cara Penyimpanan Dan Pemilihan Tahu

Tahu memiliki tiga jenis yang dikenal oleh masyarakat yaitu ada tahu sutra (tofu), tahu lembut (tahu air, tahu susu) dan juga tahu padat (tahu kuning, tahu kulit, tahu putih).

Dalam memilih tahu sebaiknya memilih tahu yang tidak berbau dan tidak asam. Dalam penyimpanannya sendiri untuk tahu padat segeralah mencuci tahu dan disimpan di dalam lemari es agar tahu dapat bertahan sampai sekitar 1 minggu.

Sedangkan untuk tahu sutra sebaiknya bilat ahu tersebut sudah dibuka maka sebaiknya harus segera dihabiskan.

Untuk tahu yang banyak mengandung protein maka tahu padat lah yang lebih banyak kandungan proteinnya dari pada tahu sutra.

Itulah dia beberapa manfaat tahu untuk MPASI anak dan juga beberapa tips dalam mengolah tahu untuk MPASI anak. Jangan ragu dalam memberikan tahu untuk si kecil yak arena tahu mengandung banyak zat bergizi.