5 Cara Melatih Anak Bangun Pagi Tanpa Drama

Bagi para orang tua, menanamkan ke dalam diri anak untuk displin bangun pagi tentu perkara yang tidak mudah. Sebab melatih anak bangun pagi sama halnya mengajarkan mereka berjalan, susah-susah mudah.

Mengajarkan bangun pagi sejak usia dini pada anak setiap hari akan menciptakan kebiasaan yang baik terhadap mereka nantinya. Banyak orang tua kewalahan mengajarkan anak-anak mereka untuk bangun pagi.

Beberapa orang tua harus mengalami drama yang tak kunjung usai saat membangunkan anak di pagi hari. Itulah kenapa orang tua perlu untuk memiliki taktik jitu dalam melatih anak-anak untuk bangun pagi.

Sehingga drama pagi pun bisa terhindari dengan mudah. Pastikan untuk menghindari hal-hal yang membuat anak tidak nyaman saat Anda melatihnya untuk bangun pagi.

 

Melatih Anak Bangun Pagi

Berikut ini ada 5 cara melatih anak bangun pagi tanpa drama:

  1. Membiarkan Anak Terbangun Secara Alami

Membangunkan anak secara alami bisa orang tua lakukan dengan cara-cara mudah seperti sepeluh menit sebelum anak bangun biarkan jendela terbuka, pintu terbuka dan biarkan tirai terbuka untuk menghadirkan udara serta sinar matahari pagi.

Membiasakan ini pada anak tiap pagi mampu membuat anak memiliki kebiasaan baik yang bisa membuat mereka displin bangun pagi.

Membiasakan anak serta membiarkan mereka terbangun secara alami dapat menghindarkan ‘drama’ membangunkan anak yang sedang tidur. Bangun secara alami pada anak juga memiliki efek yang sangat bagus untuk Kesehatan mental si anak.

Karena terbangun dengan sendirinya dapat membuat anak lebih nyaman dan bahagia. Berbeda ketika Anda membangun anak dengan paksa, yang ada anak akan kesal, marah dan makin menjadi sehingga timbul drama pagi dalam membangunkan anak.

  1. Membiasakan Anak Untuk Tidur Lebih Awal

Membiasakan anak lebih awal untuk tidur dapat membantu mereka bangun lebih pagi. Jika anak sedang bermain entah itu main bersama mainannya atau gadgetnya sebaiknya minta baik-baik untuk meletakkannya dan menyuruh mereka pergi tidur.

Membiasakan kebiasaan anak tidur 30 menit lebih awal dapat membantu orang tua untuk melatih anak bangun pagi. Kemudian orang tua juga bisa dengan memberikan buku bacaan atau buku-buku bisa membuatnya lebih nyaman dan rileks. Membaca buku sebelum tidur dapat membuat anak mengantuk lebih cepat.

  1. Memberikan Hak Istimewa

Hak istimewa bisa didapatkan ketika anak mau bangun pagi. Memberikan hak istimewa padanya saat ia bangun pagi berikan hadiah berupa hal yang disenanginya. Bisa dengan memberikan bekal kesukaan anak. Dengan begitu anak-anak akan lebih antusias lagi untuk bangun pagi keesokan harinya.

Namun metode ini bisa Anda rubah seiring berjalannya waktu. Karena semakin dewasa anak semakin membuat kita lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.

  1. Nyalakan Lampu Yang Lebih Redup

Anak-anak memang seharusnya sudah terbiasa menggunakan lampu tidur saat malam. Ini lebih memudahkan para orang tua dalam melatih anak bangun pagi. Jika sejak bayi mereka sudah mendapatkan terapi ini, maka melatih anak untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi tidak akan mengalami kesulitan.

Menggunakan lampu yang lebih redup di malam hari bisa membantu anak mengingat bahwa hari sudah malam dan itu adalah waktu untuk tidur. Memberikan sugesti tersebut terus menerus akan membantu si kecil dalam bangun pagi.

  1. Memberikan Konsekuensi Pada Anak

Saat Anda susah payah berbagai cara sudah dicoba tapi tak ada yang berhasil untuk  membangunkan anak di pagi hari, memberikan konsekuensi padanya adalah pilihan terakhir yang bisa dipilih. Sebetulnya memberikan konsekuensi ke anak adalah keharusan, karena dengan begitu anak-anak akan belajar bertanggungjawab serta bisa mengajarkan mereka tentang sebab-akibat.

Dengan anak bangun siang maka ia akan terlambat masuk sekolah, tidak bisa mengikuti pelajaran dengan tenang karena kurang konsentrasi dan lain sebagainya.

5 cara di atas bisa dicoba saat Anda mau melatih anak bangun pagi. Karena dengan dilatih sedini mungkin, lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan untuk anak.

Dengan menanamkan kebiasaan baik seperti bangun pagi pada anak, tentu akan menguntungkan mereka nantinya di kemudian hari. Karena dengan menjaga disiplin dari hal-hal kecil seperti bangun pagi saja bisa berdampak pada perkara kehidupannya yang lain.

 

Next : Review Buku