Mengakrabkan Anak Dengan Buku

Anak yang senang membaca dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dengan membaca pasti akan meningkatkan pengetahuan anak. Namun ternyata bukan hal yang mudah mengajak anak membaca di era digital ini, karena kemungkinan besar anak akan lebih memilih bermain dengan gadget.

Sebenarnya membaca merupakan sebuah metode pembelajaran yang paling baik untuk membuat wawasan anak menjadi semakin luas.

Namun permasalahan nya yaitu tadi bahwa menumbuhkan minat baca anak bukanlah hal yang mudah. Seorang orang tua yang gemar membaca belum tentu juga menghasilkana anak yang suka membaca juga.

Perlu diingat ya sebagai orang tua untuk jangan menggunakan cara paksaan dalam mengakrabkan anak dengan buku.

Sebaiknya juga si kecil dikenalkan dengan membaca itu setidaknya si kecil berusia balita. Dengan maksud tujuan agar ketika si kecil memasuki usia Sekolah Dasar telah mengenal huruf dan juga angka.

Upaya dalam mengakrabkan anak dengan buku bukan hanya dilakukan oleh guru dan para orang tua, namun juga dapat dilakukan melalui kelembagaan seperti PAUD. Sebenarnya ada beberapa langkah dalam mengakrabkan anak dengan buku sehingga anak akan gemar membaca buku.

 

Mengakrabkan Anak Dengan Buku

Berikut beberapa cara dalam mengakrabkan anak dengan buku:

  • Berikan Buku Di Lingkungan Anak

Sebelum membuat anak menjadi suka membaca alangkah baiknya bila orang tua membiasakan si kecil akrab dengan buku terlebih dahulu. Seperti dengan menyimpan banyak buku atau majalah di sekitar rumah dan orang tua dapat menciptakan ruang khusus untuk si kecil dan anda membaca.

Mengabiskan banyak waktu antara orang tua dan si kecil di ruangan membaca ini dan bisa juga untuk sesekali mengajak si kecil membersihkan ruangan membaca dengan bersama-sama.

Akrabkan si kecil dengan kehadiran buku untuk membuat mereka merasa nyaman di tempat itu terlebih dahulu. Menurut para ahli mengatakan bahwa orang tua sebaiknya mengakrabkan anak dengan buku bacaan. Bacalah bersama dengan anak dan buat kegiatan membaca mereka terasa sangat menyenangkan.

Bukan hanya itu saja, cobalah untuk lebih sering mengajak si kecil mengunjungi toko buku atau sebuah perpustakaan. Biarkan si kecil membaca apa yang si kecil ingin baca selama buku tersebut masih masuk di kategori usia mereka.

  • Mengganti Jenis Bacaan

Si kecil akan sangan mudah sekali bosan atau suatu hal maka dari itu para orang tua harus aktif dan kreatif dalam memberikan bacaan untuk si kecil. Pasti banyak orang tua yang berpikiran bahwa buku cerita merupakan cara terbaik dalam menumbuhkan minat baca si kecil.

Namun sebenarnya tanpa disadari, anak anak biasanya akan lebih menyenangi buku yang penuh dengan sebuah informasi serta tidak ada alasan untuk si kecil menghindari materi bacaan informasi bila si kecil menyukai buku tersebut.

Para ahli juga mengatakan bahwa cara yang baik dalam membuat si kecil menyukai buku ialah dengan memberikan buku dengan tema yang masih jarang mereka temui.

  • Hindari Narasi

Usahakan untuk menghindari buku yang terlalu penuh dengan narasi untuk si kecil karena masih banyak format lain yang lebih tepat dan lebih menarik untuk si kecil. Biarkan juga si kecil menemukan ensiklopedia online atau permainan yang sesuai dengan usia mereka dengan menggunakan sebuah petunjuk seperti membaca, aturan yang harus di ikuti serta alur cerita yang harus diingat.

Perputaran plot epic dan pengembangan karakter yang menarik belum tentu si kecil akan tertarik. Mencoba sesuatu yang yang lebih segar seperti cerita jenaka, buku mengenai keterampilan seperti sulap dirasa dapat menarik perhatian dan menarik minat si kecil.

Mengakrabkan anak dengan buku dan mengajari anak membaca buku sebenarnya juga tidak harus selalu dari buku, orang tua dapat memulai dengan hal kecil seperti membaca tulisan yang ada pada bungkus makanan, minuman ataupun barang.

Bersama-sama dengan si kecil dapat mempelajari tanggal kadaluarsa dari makanan atau minuman nya, dari bahan pembuatan nya dan juga kandungan yang ada di dalam makanan atau minuman tersebut.

Selain itu juga, orang tua dapat mengambil bacaan dari brosur, buku panduan atau peta ketika sedang berlibur bersama dengan si kecil.

 

Next : Review Buku