Memilih Obat Batuk Pilek untuk Bayi 0-6 Bulan Secara Alami

Di saat si kecil jatuh sakit, para Ibu tentu harus tetap tenang dan berpikir jernih sehingga sehingga diharapkan bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengobati si kecil. Pada umumnya si kecil gampang sekali terserang batuk pilek di usia 0-6 bulan. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh bayi masih mengalami proses tumbuh kembang sehingga membuat bayi gampang tertular virus atau bakteri penyebab sakit tersebut.

Memilih obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami tentu membutuhkan rekomendasi yang tepat. Karena untuk bayi memang kita sebagai orang tua harus lebih hati-hati dan selektif, apalagi menyangkut pengobatan untuknya, tentu tidak boleh sembarangan ya meskipun itu secara alami.

Pada saat batuk pilek inilah si kecil akan mudah rewel sebab tidak nyaman dengan kondisi sakit pilek dan batuk. Pilek bisa menyebabkan hidung mampet dan batuk membuat si kecil tidak bisa tidur dengan tenang.

Banyak sekali sebetulnya obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Namun dengan takaran dan cara pemakaian yang tepat ya. Batuk pilek bisa terjadi akibat pertahanan tubuh si kecil sedang lemah atau turun. Sehingga bakteri atau virus mudah menular padanya.

Ragam Obat Batuk Pilek untuk Bayi 0-6 Bulan Secara Alami atau Tanpa Obat-obatan

Sebetulnya batuk dan pilek pada bayi merupakan satu mekanisme dalam mempertahankan tubuhnya akibat infeksi yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus. Hingga pada akhirnya, tubuh si kecil mengeluarkannya melalui saluran pernapasan yaitu pilek dan atau batuk.

Mengobati batuk pilek pada bayi pun juga tidak boleh sembarangan seperti yang sudah dijelaskan di awal. Karena secara alami sebetulnya batuk pilek pada bayi bisa disembuhkan. Berikut ini beragam obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami tanpa obat-obatan:

  1. ASI

Memberikan asupan ASI lebih intens ke si kecil bisa menyembuhkan atau menghindarkannya dari infeksi yang terjadi pada tubuhnya. ASI merupakan asupan penting dan satu-satunya sumber makanan serta gizi yang membuat daya tahan tubuh si kecil jadi kuat kembali.

  1. Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki manfaat yang bagi bayi yang baru lahir. Selain bisa menghindarkan si kecil dari penyakit kuning atau kelebihan bilirubin ternyata sinar matahari bisa mengobati batuk pilek pada bayi.

Menjemur si kecil secukupnya di pagi hari bisa menjadi obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami. Sinar matahari dapat memberikan asupan vitamin D secara alami bagi tubuh bayi sehingga sangat bagus untuk menyembuhkan batuk pileknya.

  1. Uap Hangat

Sekarang ini banyak dijumpai humidifier yang di jual di pasaran. Manfaat humidifier ini untuk bayi memang sangat bagus. Selain menjaga udara di ruangan lebih sehat dan segar, uap hangat yang ditimbulkan bisa mengobati batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan.

Uap hangat dari alat humidifier ini dapat melegakan tenggorokan serta dapat tubuh si kecil hangat dan terhindar dari batuk kering. Karena uap hangat bisa meringankan dan mengeluarkan dahak pada bayi secara alami. Uap hangat juga bisa mengatasi hidung tersumbat bayi akibat pilek.

  1. Hindari Penggunaan Botol Susu

Sebaiknya ketika si kecil batuk pilek bisa menyusuinya secara langsung dari payudara dan hindari penggunaan botol susu ya.

Sebab sebuah penelitian membuktikan bahwa saat menyusui langsung dari payudara Ibu maka tuba eustachius yang ada di saluran nasofaring yang mana terhubung pada telinga pasti tertutup. Dengan begitu mengurangi resiko si kecil mengalami infeksi THT ketika batuk atau pun pilek.

  1. Saline

Cairan saline memiliki manfaat mengeluarkan ingus akibat pilek pada bayi secara alami. cairan ini aman digunakan pada bayi di bawah 6 bulan sebagai peringan hidung mampet ketika si kecil sakit pilek. Cara penggunaannya juga cukup meneteskannya sesuai dosis, pada hidung si kecil dan ingus akan keluar dengan sendirinya.

Jika obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami yang disebutkan di atas bisa menyembuhkannya maka para Ibu tidak perlu membanyak ke dokter. Lakukan cara pengobatan batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan di atas lebih maksimal, misalnya jika hanya diberikan ASI saja sudaj berkurang maka para Ibu memberikan ASI lebih sering hingga batuk pilek si kecil sembuh.

Beragam obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami bisa para Ibu lakukan sembari memantau sakit si kecil. Apakah sakitnya mengalami perubahan atau tidak ketika sudah dilakukan pengobatan secara alami seperti yang disebutkan di atas.

Apabila batuk pilek pada bayi sudah lebih dari tiga hari dan sudah dilakukan cara-cara alami tersebut kok tidak kunjung sembuh, maka para Ibu bisa bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.