Obat Diare Pada Bayi 0 – 6 Bulan

Bagi bayi yang baru lahir biasanya akan mengalami buang air besar secara sering. Bisa juga ketika sedang menyusu bayi akan buang air besar.

Dengan keadaan seperti ini mungkin membuat para orang tua mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah si kecil ini mengalami diare atau tidak.

Nah caranya untuk mengetahui apakah bayi mengalami diare atau tidak ini ialah dengan melihat ada perubahan apa tidak di tinja bayi, misalnya seperti jumlah nya yang tiba tiba menjadi lebih banyak dari biasanya.

Selain itu juga mungkin bentuknya menjadi encer sehingga tidak seperti tinja pada umumnya.

Diare atau dengan kata lain mencret ini merupakan sebuah gangguan pencernaan yang umumnya akan terjadi kepada setiap manusia tidak terkecuali bayi.

Ketika bayi mengalami diare ini bayi juga akan mengalami gejala lain seperti muntah, mual dan mungkin juga akan terjadi demam.

 

Obat Diare Pada Bayi 0 – 6 Bulan

Obat diare yang mujarab untuk bayi berusia 0 sampai 6 bulan itu sebenarnya ialah ASI atau Air Susu Ibu. Air Susu Ibu (ASI) ini merupakan sebuah obat diare pada bayi 0 – 6 bulan untuk bayi anda.

Hal ini terjadi karena ketika bayi diare jangan memutuskan untuk menyusui si kecil, karena memang Air Susu Ibu (ASI) ini dipercaya dapat membantu mempercepat pemulihan si kecil karena di dalam Air Susu Ibu (ASI) ini mengandung sebuah kandungan antibodi yang tinggi.

Selain itu juga dengan diberikan Air Susu Ibu (ASI) ini dapat membantu mencegah bayi untuk menjalani rawat inap.

Namun bila bayi juga mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) dan juga mengkonsumsi susu formula maka akan lebih baik bila bayi ditambahkan jumlah ASI nya dibandingkan dengan mengkonsumsi susu formulanya.

Hal ini terjadi karena susu formula dapat sedikit lebih sulit untuk dicerna bagi bayi.

Selain Air Susu Ibu (ASI) ini bila bayi telah berusia 5 sampai 6 bulan maka dapat digunakan obat diare seperti Solusi Rehidrasi Oral (ORS).

Solusi rehidrasi oral ini merupakan sebuah pengobatan rumah kuno yang dipercaya dapat membantu mengobati diare. Obat ini dapat dicari di apotek sekitar rumah atau pun juga dapat disiapkan sendiri di dalam rumah.

Caranya ialah dengan rebus sekitar satu liter air yang telah disaring lalu biarkan hingga air tersebut dingin. Lalu setelah itu tambahkan enam sendok teh gula serta setengah sendok teh garam ke dalam air setelah itu campur sampai semua larut.

Dengan menggunakan campuran air, gula dan garam ini dapat diserap oleh tubuh dengan sangat baik walau si kecil sedang mengalami diare dan muntah.

Selain itu menggunakan air beras juga dapat membantu mengembalikan cairan dan garam yang hilang di dalam tubuh bayi.

 

Penyebab Diare Pada Bayi

Ada berbagai macam penyebab terjadinya diare pada bayi, karena kondisinya antara bayi sat uke bayi lainnya pun juga akan berbeda. Berikut beberapa penyebab diare pada bayi 0 – 6 bulan yang perlu diketahui oleh para orang tua:

Virus, Bakteri Dan Parasit

Diare pada bayi dapat disebabkan oleh sebuah virus, bakteri dan juga parasite yang ada di lingkungan sekitar bayi.

Pada si kecil, rotavirus merupakan penyebab diare yang paling umum, sehingga bayi sangat perlu diberikan imunisasi rotavirus secara berkala dalam mengurangi penyebab dari virus tersebut.

Sedangkan untuk diare yang terjadi pada bayi usia 0 – 6 bulan maka disebabkan oleh sebuah bakteri yang sering disebut dengan salmonella.

Bila si kecil mengalami diare yang disebabkan oleh bakteri salmonella maka berarti bertanda bahwa terdapat darah di feses bayi.

Sedangkan untuk diare yang disebabkan karena parasite yang berjenis giardia ini dapat terjadi di tempat penitipan anak.

Intoleransi Laktosa

Laktosa merupakan kandungan gula yang ada di dalam susu serta tidak semua bayi dapat menerimanya sehingga terjadilah intoleransi lakstosa ini.

Tanda adanya intoleransi laktosa sendiri ialah perut kembung, tekstur feses bayi berair serta banyak gas. Hal ini terjadi karena bakteri yang ada di dalam usus dapat mengubah laktosa menjadi sebuah gas.

Intoleransi laktosa ini biasanya dirutunkan melalui anggota keluarga lainnya seperti ayah bundanya dan saudara lainnya.

 

next : Cerita Fantasi