Pelancar ASI Paling Ampuh, Asupan Makanan yang Wajib di Coba

Memiliki bayi adalah sebuah tanggung jawab besar yang dimiliki oleh seorang ibu, kegelisahan yang umum di alami oleh setiap ibu adalah kekhawatiran tentang apakah bisa memberikan ASI yang mencukupi dan berkualitas untuk si kecil.

Banyak susu formula yang di khususkan untuk ibu menyusui dengan tujuan sebagai pelancar ASI dan juga meningkatkan kualitas ASI yang di produksi.

Pertanyaanya apakah hanya susu formula saja yang mampu mengatasi kegelisahan para ibu dalam urusan ASI? tentu saja tidak, berikut ini adalah daftar makanan pelancar ASI paling ampuh atau asupan bernutrisi yang akan membantu para ibu dalam urusan mengkatkan produksi dan kualitas ASI yang di hasilkan.

 

Daftar Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh

  1. Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu kreasi susu rendah lemak yang jika di konsumsi oleh moms yang sedang menyusui akan membantu menjadi pelancar ASI yang ampuh.

Yoghurt juga merupakan asupan yang mengandung protein yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia apalagi bagi busui yang memang di wajibkan banyak mengonsumsi nutrisi untuk menujang kualitas ASI yang keluar.

Yogurt bisa di dapatkan dengan mudah, jadi moms tidak akan kerepotan untuk mendapatkan asupan nutrisi satu ini.

  1. Kacang-Kacangan

Indonesia sangat kaya dengan jenis kacang kacangan, banyak menu makanan di Indonesia yang mengandung kacang kacangan.

Selain meningkatkan kesuburan mengonsuimsi kacang-kacangan juga bermanfaat bagi ibu menyusui, kaya akan vitamin B1, zat besi, minim kolesterol, rendah lemak tapi kaya akan natrium, makanan ini sering di sebut sebagai super food karena kekayaan nutrisi di dalamnya

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak

Makanan pelancar ASI paling ampuh selanjutnya adalah daging sapi tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak harus maduk dalam daftar menu masakan yang moms miliki, daging sapi mengandung fosfor, selenium, vitamin B dan zinc.

Dading sapi tanpa lemak ini bisa diolah dengan berbagai macam cara seperti di panggang maupun di asapi maupun di rebus.

Kandungan protein pada daging sapi cukup tinggi, sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh, selain protein daging sapi juga kaya akan daging sapi.

  1. Susu Rendah Lemak

Ternyata tidak hanya ibu hamil, ibu menyusui juga perlu mengonsumsi susu rendah lemak yang bisa di peroleh dengan mudah secara online maupun datang ke minimarket terdekat dari rumah moms.

Agar tidak salah dalam menentukan pilihan moms juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, untuk menentukan pilihan susu rendah lemak yang terbaik.

  1. Telur

Pada sebutir telur terdapat vitamin,mineral dan protein, lemak,karbohidrat, kalsium,fosfor, vitamin A dan Vitamin B super sekali bukan moms. Telur biasanya menjadi teman atau campuran makanan agar menjadi lebih nikmat.

Melihat kandungan nutrisi telur yang begitu banyak tentunya moms sangat bersemangat untuk mengonsumsinya bukan? Eit nanti dulu ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum moms mengosumsi benda bulat lonjong satu ini.

Karena ada beberapa efek samping yang akan merepotkan jika moms tidak berhati-hati misalnya biduran pada anak, biduran pada anak sampai bisulan.

Tips Mengonsumsi Telur Untuk Busui :

  • Jangan hanya mengonsumsi telur saja sebagai sumber nutrisi utama tetapi moms juga harus rajin mengonsumsi jenis nutrisi yang lain.
  • Hentikan mengonsumsi untuk beberapa saat jika anak mengalami biduran
  • Pastikan mengonsumsi telur yang benar-benar matang
  • Jangan berlebihan mengonsumsi telur, 2 kali sehari adalah jumlah yang aman, moms bisa mengonsumsi di waktu pagi dan di waktu sore.
  1. Pisang

Rutin mengonsumsi pisang untuk ibu menyusui adalah kebiasaan yang sangat baik, selain bermanfaat untuk ibu hamil, buah pisang adalah pelancar ASI yang ampuh.

Buah lezat satu ini banyak mengandung kalsium, kalium, zat besi,vitamin C dan Vitamin B6.

Pisang memberikan kalori ekstra yang di perlukan oleh ibu menyusui setidaknya 500 kalori perharinya. Tambahan kalori yang di dapat dari mengonsumsi buah pisang ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan tidak mudah lemas bagi para busui.

  1. Semangka

Vitamin C,zat besi dan juga kalsium merupakan nutrisi yang sangat di butuhkan olah para ibu yang menyusui dan semua nutrisi ini juga bisa di dapatkan dari buah semangka.

Semangka sudah terkenal sebagai salah satu buah pelancar ASI, semangka juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan juga membentengi diri dari stress. Menarik juga yah moms buah berwarna merah satu ini.

  1. Alpukat

Apakah moms termasuk orang yang suka dengan jus alpukat, jika demikian maka itu adalah kabar yang menggembirakan.

Buah yang satu ini selain memiliki rasa yang nikmat juga memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh dan juga pelancar ASI yang efektif.

Didalam buah alpukat terkandung protein,lemak,vitamin dan mineral. Alpukat memiliki beberapa efek positif jika rutin dikonsumsi diantaranya :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengatasi Sembelit
  • Mengontrol tekanan Darah
  • Meembantu menurunkan berat badan setelah melahirkan
  1. Tahu

Bahan dasar pembuat tahu adalah kedelai yang digiling kemudian di bentuk menjadi balok-balok kecil. Selain tempe tahu menjadi makanan yang sangat umum di konsumsi oleh masyarakat indonesia. Tetapi tahukah moms jika tahu merupakan pelancar ASI yang ampuh?

Kandungan kalsium yang terdapat di dalam tahu akan di butuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Beberapa Manfaat Tambahan dari Mengonsumsi Tahu :

  • Menyehatkan Rambut

Tahu kaya akan protein yang akan menyuburkan pertumbuhan dan kekuatan rambut, membuat rambut terlihat sehat dan tidak kering.

  • Mencegah Kanker

Selenium dan Kalsium yang terdapat di dalam tahu merupakan zat antioksidan yang mampu mencegah sel sel kanker usus, dan kanker prostat pada laki-laki

  1. Jambu Biji

Buah jambu biji memiliki kandungan antioksidan, kalium vitamin A,C, beberapa nutrisi seperti protein, folat,magnesium, zat besi dan serat juga terdapat di buah satu ini.

Mengonsumsi jambu biji ketika menyusui juga bisa menjadi pelancar ASI,moms bisa mengonsumsi buah ini dengan cara di buat jus maupun di konsumsi secara langsung.

  1. Teh Hijau

Menikmati secangkir teh hijau di waktu senggang tidak hanya akan membuat moms terhindar dari stress tetapi juga bagi moms yang sedang menyusui akan menjadi pelancar ASI.

Kualitas minuman yang di konsumsi oleh busui akan mempengaruhi kelancaran asinya,selektiflah dalam mengonsumsi minuman maupun makanan karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas ASI yang di hasilkan.

Teh hijau adalah salah satu minuman yang di sarankan, jangan lupa juga memilih the hijau yang kandungan kafeinya rendah.

  1. Daun Kelor

Daun kelor sangat mudah di jumpai di indonesia, daun kecil berwarna hijau ini sudah terkenal memiliki banyak sekali manfaat, salah satu yang sudah di kenal di Indonesia adalah membantu sebagai pelancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

Tidak hanya berfungsi untuk melancarkan tetapi daun ajaib ini juga bisa meningkatkan kualitas ASI. Daun kelor bisa dioalah menjadi sayur dan di makan bersama dengan nasi.

  1. Ubi Jalar

ubi jalar mengandung kalium,karotenoid dan juga vitamin A. Dengan mengonsumsi satu buah ubi jalar berukuran sedang setiap harinya mampu meningkatkan kualitas ASI yang di berikan kepada si kecil.

Kekayaan Vitamin A yang dimiliki oleh ubi jalar juga akan membuat ASI yang di keluarkan kaya akan vitamin A.

  1. Kacang Almond

Kacang almond tekenal dengan kekayaan nutrisi didalamnya, selain sebagai pelancar ASI kacang almond meningkatkan kualitas ASI berlipat-lipat.

Moms bisa mengonsumsi kacang almond sebagai camilan sehat sehari-hari, almond kaya macam macam vitamin dan omega3,zat besi,dan kalsium.

  1. Salmon

Ikan lezat satu ini jika di konsumsi secara rutin dapat membantu para ibu untuk mejadi pelancar ASI.

Salmon mengandung omega 3 dan vitamin B12,gizi ikan salmon juga menjadikan kualitas ASI menjadi lebih tinggi karena kandungan DHA yang dimilikinya.

  1. Pare

sayuran hijau dan berasa pahit ini mungkin tidak terlalu enak untuk di konsumsi, tetapi moms tetap harus mengonsumsinya karena memiliki sejuta manfaat untuk tubuh terutama ibu yang sedang menyusui sebagai pelancar ASI.

Mengonsumsi pare akan meningkatkan produksi ASI didalam tubuh busui, melancarkan peredaran darah, menurunkan kadar gula di dalam darah dan membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Jika moms merasa malas untuk mengonsumsinya, moms bisa mencampurkan melon ke dalamnya, moms bisa membuat kreasi jus pare yang di campur dengan melon agar rasanya lebih enak.

  1. Asparagus

asparagus mengandung zat besi,serat,folat dan vitamin K, sayuran ini sangat bagus untuk dikonsumsi karena memliki efek untuk menguatkan tulang dan menyehatkan jantung. Didalam lima batang asparagus memiliki kandungan 100 mikrogram asam folat.

Aparagus juga dapat menagkal serangan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh yang akan membuat ASI moms menjadi sangat berkualitas.

  1. Beras Merah

Beras merah kaya akan karbohidrat, protein,lemak, vitamin B6,B5,B4,B3,B2,B1,asam folat,kalsium,zat besi,mangan,kalium,natrium dan zink.

Beberapa manfaat beras merah untk moms yang sedang menyusui :

  • Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah
  • Mencegah Obesitas
  • Mencegah Asma
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Sebagai Antioksidan
  • Sebagai sumber energy
  • Kesuburan pertumbuhan rambut dan menguatkan tulang
  • Mengatasi stress dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak
  • Menstimulasi perkembangan Organ tubuh dan otak
  1. Daun Katuk

daun katuk biasanya di olah menjadi campuran sayur asam bersama dengan wortel maupun jagung, jenis sop ini sudah sangat familiar untuk orang indonesia. Untuk ibu menyusui sayur daun katuk ini sangat baik sebagai pelancar ASI dan meningkatkan kualitasnya.

sayur hijau ini mengandung banyak gizi,selain itu kadar polifenol dan steroid di dalamnya dapat meningatkan kadar prolaktin atau hormon yang dapat melancarkan ASI.

  1. Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga efektif sebagai pelancar ASI.Didalam sebutir wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten yang akan memberikan energi lebih bagi moms yang sedang menyusui.Berikut adalah nutrisi yang ada di dalam wortel :

Vitamin B6,A, lemak, serat, gula, karbohidrat, protein, mineral, kalori

Satu hal yang perlu di ingat, jangan mengonsumsi wortel secara berlebihan karena kandungan beta karoten di dalamnya, akan membuat kulit menjadi kekuningan jika mengonsumsi wortel terlalu banyak.

  1. Pepaya Mentah

Mencukupi nutrizi pada ibu menyusui tidaklah sulit, moms bisa mengonsumsi buah-buahan murah yang bisa di peroleh dengan mudah di indonesia, salah satunya adalah pepaya.

Enzim papain di dalam buah pepaya di percaya membantu ibu hami dalam memperlancar ASI, pepaya juga memiliki kandungan kalium, asam folat,vitamin A dan C.

Moms bisa mengonsumsi pepaya muda dengan dicampur daging maupun buah pisang atau mungkin dengan resep lain yang moms miliki.

  1. Biji Wijen Hitam

Kekayaan kalsium dan kandungan galactagogue di dalam biji wijen dapat menjadi pelancar ASI. Jangan salah lho moms di dalam satu sendok wijen terkandung sekitar 160 gram kalsium.

  1. Biji Fenugreek

Fenugreek merupakan ramuan yang sudah ribuan tahun lamanya di gunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, masalah kulit dan lain sebagainya.

Herbal ini juga sangat baik untuk ibu hamil, dengan mengonsumsi ramuan ini produksi ASI didalam tubuh ibu hamil akan meningkat di bandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsinya. Fenugreek dikenal sebagai ASI Booster.

  1. Oatmeal

Rasanya yang nikmat tentu membuat moms akan menyukai oatmeal, oatmeal juga merupakan ASI booster yang mantap. Didalam oatmeal mengandung protein,zat besi serat dan juga karbohidrat.

Untuk ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal non instant.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan pelancar ASI paling ampuh. Sayuran hijau ada banyak sekali macamnya, kandungan gizi atau nutrisi di dalam sayuran hijau tidak perlu diragukan lagi.

Di negeri kita tercinta ini, hampir semua sayuran hijau bisa kita dapatkan. Bagi moms yang sedang menyusui sayuran hijau adalah menu wajib pelancar ASI yang harus selalu ada.

 

Kesimpulan

Ternyata banyak sekali makanan pelancar ASI yang ampuh dan bisa moms konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI , apakah moms sudah mencoba salah satu asupan makanan pelancar ASI diatas? Kalau belum inilah saatnya moms mulai mencobanya.

Moms bisa mengkreasikan bahan bahan diatas dengan menu menu makanan kesukaan yang moms miliki. Asal tetap memperhatikan kaidah kaidah kesehatan, misalnya apakah moms memiliki alergi terhadap tertentu yang berkaitan dengan bahan-bahan makanan diatas. Selamat Mencoba!